Game berbasis jaringan adalah salah satu game yang menggunakan teori game untuk menganalisis interaksi individu yang terhubung melalui jaringan dan perilakunya dipengaruhi oleh teman setim/ lawan main mereka, permainan jaringan mempelajari dampak dari struktur jaringan (kompleks) pada perilaku individu.
Secara garis besar, Game berbasis jaringan / network game adalah game yang dimainkan oleh dua atau lebih pemain, saling berbagi pengalaman yang konsisten dan saling terhubung satu sama lain seperti mereka benar-benar ada di dunia virtual yang sama.
Contoh game yg berbasis jaringan/Online :
1. Leauge Legend
League Of Legends (LOL) adalah game ber-genre MOBA yang dikembangkan oleh Riot Games dan dirilis oleh Garena Indonesia di Indonesia. LOL bercerita tentang pertempuran antar 2 kelompok pada suatu arena yang mena setiap kelompoknya terdiri dari satu hingga 5 karakter. Ada banyak karakter yang bisa gamers gunakan dalam pertempuran di LOL yang mana setiap karakter memiliki kelebihan dan keunikannya tersendiri.
2. Dota
Dota 2 adalah game kompetitif yang memadukan strategi dan action. Setiap pemain akan memilih ratusan hero yang disediakan dan memulai pertarungan 5 vs 5. Pemain tersebut akan tergabung dalam 1 tim dan bertarung dengan tim lawannya. Setiap hero memiliki kemampuan dan skill yang berbeda - beda. Pemain harus memadukan hero tersebut agar menjadikan sebuah tim yang solid dan sesuai untuk mengalahkan tim musuh. Kedua tim tersebut akan bertarung di sebuah map keren dengan grafis yang unik. Map tersebut memiliki 3 lane yang menjadi arena kita untuk bertarung. Kedua tim akan berebut menghancurkan Ancient dan yang duluan menghancurkan Ancient akan menjadi pemenang.
Kecerdasan Buatan Pada Game
Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence(AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game. Dalam Video Game, kecerdasan buatan digunakan untuk membuat perilaku cerdas yang biasanya terletak pada non-player characters ( NPCs), dan seringnya mensimulasikan seperti kecerdasan manusia. Karena kecerdasan buatan pada game untuk NPCs dipusatkan pada penunjukkan kecerdasan dan menampilkan game dengan baik dan terdapat batasan lingkungan, pendekatannya sangat berbeda dengan kecerdasan buatan tradisional. Contohnya adalah pada game first-person shooter, dimana kemampuan NPC yang telah didesain mampu melebihi kemampuan manusia.
Contoh game dengan Ai:
- Tic Tac Toe
Tic-tac-toe adalah permainan bulat silang pada kotak 3x3. Dalam permainan ini user harus melawan komputer untuk mendapatkan 3 kotak segaris.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.coalitiontheory.net/research-areas/network-games
https://duniagames.co.id/game/3092-dota-2
https://www.kompasiana.com/chandrakurnia0113/5b4bee25bde57542fe121563/pengaruh-kecerdasan-buatan-dalam-game



Tidak ada komentar:
Posting Komentar